-->

15 Manfaat Madu Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

15 Manfaat Madu Bagi Kesehatan Tubuh Manusia - Apakah kalian tahu bahwa madu itu mempunyai banyak manfaat. Tak disangka-sangka madu itu mempunyai banyak sekali manfaatnya. Selain untuk kesehatan madu juga sangat bermanfaat untuk berbagai penyakit berkaitan dengan tubuh manusia.



15 Manfaat Madu Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Cairan Madu adalah salah satu benda cair yang sangat ajaib dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Berbeda dengan manfaat buah, dalam cairan madu ini dapat digunakan dan dipakai untuk mengobati berbagai penyakit seperti menyembuhkan sariawan,menghilangkan jerawa, meningkatkan kekebalan tubuh,dan masih banyak lagi.

Manfaat madu untuk kesehatan begitu banyak dan sangat beragam. Salah satu manfaat madu yakni bisa menambah stamina tubuh kita. Jadi memang tidak mengherankan kalau banyak sekali iklan makanan dan minuman sehat penambah stamina di televisi indonesia.

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, ternyata madu juga dapat bermanfaat bagi kecantikan kulit wajah dan tubuh. Selain mudah didapat, cara yang digunakan juga cukup mudah dan cukup menghemat waktu dan energi.

Macam-Macam Manfaat Madu Asli Untuk Tubuh Manusia

1. Menghilangkan Jerawat

Jerawat timbul karena infeksi bakteri dan penumpukan sel kulit mati pada pori-pori yang menimbulkan peradangan dan benjolan merah pada wajah. Jadi, untuk masalah kulit yang satu ini sering membuat kita jengkel karena membuat kulit wajah kasar dan terkadang menghilangkan bekas yang sulit dihilangkan.
Madu mengandung senyawa Anti Bacterial (anti bakteri) yang dapat membunuh bakteri P.acne penyebab jerawat sekaligus mengurangi radang dan kemerahan pada kulit wajah.

Kalian hanya melakukan oleskan madu saja pada jerawat selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat, lakukan perawatan ini setiap hari dan hasilnya akan memuaskan

2. Memperkuat Kekebalan Tubuh

Pada tahun 1999 Abuharfeil Et al.Melakukan penelitian dan ia menyebutkan bahwa madu dapat merangsang pembentukan sel-sel imun seperti sel natural killer, sel limfosit B dan T yang berfungsi dalam menangkal serangan berbagai macam penyakit.

Jangan salah , Madu juga dapat merangsang produksi antibodi yang diperlukan dalam proses penyembuhan dalam tubuh, Pada tahun 2004.hal Al-Waili and Haq melakukan penelitian dan telah dibuktikan oleh-Nya sebab itu, rutin mengkonsumsi madu setiap hari itu dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat masa penyembuhan penyakit.

3. Meredakan Batuk

Batuk adalah masalah pada sistem pernafasan yang bisa menyerang siapa saja baik anak-anak maupun orang dewasa dan bisa sangat mengganggu bagi penderitanya. Madu mengandung senyawa aktif antibakteri dan antiviral yang dapat meredakan berbagai macam batuk.

Efek yang ditimbulkan madu sama dengan efek obat batuk yang mengandung dextromethorphan. Saat terserang batuk, konsumsilah satu atau dua sendok madu saat sebelum tidur dan setelah bangun tidur. Itu akan membuat kalian lebih baik dan mempercepat masa penyembuhan penyakit kalian.

4. Mencegah Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang banyak diderita masyarakat dewasa ini dan penyakit ini biasanya disebabkan karena pola hidup tidak sehat terutama pada kasus diabetes tipe 2. Penderita diabetes kehilangan kemampuan untuk mengatur kadar gula dalam darah akibat hormon insulin yang tidak berfungsi secara normal. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis dan gula dapat menyebabkan penyakit diabetes.

Madu mengandung senyawa gula alami yang lebih aman dikonsumsi dibandingkan dengan gula pasir atau sukrosa. Hal ini disebabkan karena indeks glikemiks madu lebih rendah dibandingkan jenis gula lainnya.

Lebih baik mengganti gula dengan madu dapat menurunkan resiko penyakit diabetes dan mengendalikan kadar gula dalam darah kita.

5. Memperbaiki Fungsi Saluran Cerna

Apakah kalian tahu ? Bahwa dalam sistem pencernaan manusia itu terdapat bakteri baik atau normal flora yang membantu proses pencernaan makanan seperti bakteri yang hidup pada usus besar. 
Tidak hanya kaya akan nutrisi, madu juga mengandung normal flora atau bakteri baik seperti bifidobakteria dan lactobacillus yang dapat meningkatkan jumlah bakteri baik dalam saluran cerna dan mendukung proses pencernaan dalam usus besar.

Bakteri ini juga berfungsi melindungi saluran cerna dari pengaruh buruk bakteri pathogen seperti bakteri penyebab diare, Helycobacter pylori, dan masih banyak lainnya.

6. Menyembuhkan Luka

Salah satu manfaat madu adalah untuk menyembuhkan luka. Mengoleskan madu pada luka dapat mempercepat proses penyembuhannya luka dan bekasnya. Madu mengandung antiseptik yakni enzim glukosa oksidase yang mampu mencegah infeksi bakteri pada kulit yang terluka. 
Jadi alangkah baiknya kalian menggunakan madu karena madu mempunyai banyak khasiat.

Selain itu, senyawa pinocembrin yang merupakan salah satu antioksidan yang terkandung dalam madu juga efektif dalam menangkal infeksi bakteri Staphylococcus aureus yang dapat memperparah luka.

7. Menyegarkan Nafas

Hal yang wajib kalian ketahui adalah kebiasaan berkumur dengan air hangat yang dicampur madu setiap pagi dapat membantu menghilangkan bau nafas yang tidak sedap sekaligus menyegarkan mulut kalian. Karena Senyawa anti bakteri yang terkandung dalam madu dapat membasmi semua bakteri dalam rongga mulut yang merupakan penyebab nafas tidak sedap.

8. Menurunkan Kadar Kolestrol

Kolestrol jahat adalah musuh bagi jantung pada manusia dan pembuluh darah. Kolestrol jahat atau yang dikenal dengan istilah Low Density Lipoprotein (LDL) dapat menyumbat pembuluh arteri dan meningkatkan resiko stroke dan penyakit jantung. Sangat menakutkan bukan ? Oleh karena itu konsumsilah madu agar bisa memperkuat kekebalan tubuh kalian sendiri.

9. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Apakah kalian pernah melihat anak remaja atau seseorang yang usianya masih muda tetapi meninggal karena penyakit jantung ? Penyakit jantung dapat dialami oleh siapa saja bahkan menyebabkan kematian pada usia muda. Berdasarkan data World Health Organization (WHO) angka penderita penyakit jantung meningkat setiap tahunnya dan penyakit ini menempati peringkat pertama sebagai penyebab angka kematian tertinggi di seluruh dunia.

Antioksidan yang terkandung dalam madu dapat menangkal efek radikal bebas yang dapat merusak sel jantung serta menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. 

10. Meningkatkan Stamina

Apakah kalian tahu waktu zaman Yunani sudah mengomsumsi madu dan telur? Pada zaman dahulu, para atlit Yunani rutin mengkonsumsi madu dan telur sebelum mereka bertanding di olimpiade untuk meningkatkan stamina dan level energy. Hal ini kemudian dibuktikan dikemudian hari oleh beberapa ilmuwan dalam sebuah penelitian yang melibatkan 39 orang atlit. Atlit yang diberi asupan protein dan madu dilaporkan memiliki tingkat energi dan stamina yang lebih baik dibandingkan mereka yang hanya memperoleh asupan protein biasa.

Oleh karena itu, jika ingin memiliki stamina dan energi lebih baik, rutinlah mengkonsumsi satu sendok madu di pagi hari. Dan lakukan itu setiap hari.

11. Melembabkan Kulit dan Bibir

Kita sering mendengar cerita bahwa ratu Mesir, Cleopatra rutin menggunakan madu sebagai perawatan kulitnya. Cerita tersebut benar, karena madu mengandung nutrisi yang dapat melembabkan dan menghaluskan kulit. Jadi tunggu apalagi ? Jika kalian ingin menghaluskan kulit khususnya para wanita konsumsinya madu dan oleskan ke kulit ketika kalian ingin memakainya.

Kalian dapat mencampur madu dengan sabun atau masker tubuh yang biasa anda gunakan sebelum mandi. Untuk melembabkan bibir, oleskan madu pada bibir yang kering sebelum tidur.

12. Menguatkan Akar Rambut

Rambut sering rontok dan gampang dicabut ? Asalkan kalian tahu rambut juga memerlukan nutrisi untuk tetap kuat dan sehat. Madu kaya akan nutrisi seperti protein dan vitamin yang dapat menutrisi akar rambut sehingga tidak mudah rontok. 

Masker madu yang dicampur dengan gel lidah buaya dapat diaplikasikan pada rambut untuk mengembalikan kelembutan dan kelembabannya, terutama jika rambut mudah patah dan kasar, apalagi mudah rontok itu pasti sangat menjengkelkan.

13. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kabar gembira untuk para wanita yang pengen diet secara alami dan cepat.
Madu memang mengandung gula dan kalori, akan tetapi jika digunakan dengan benar madu dapat digunakan untuk membantu program penurunan berat badan. Ganti konsumsi gula tebu atau gula pasir dalam makanan manis dengan madu yang memiliki indeks glikemiks lebih rendah dibandingkan dengan gula tebu atau gula pasir, agar kalori makanan tetap terkontrol dan kadar gula darah tidak naik secara drastis.

14. Meningkatkan Nafsu Makan

Apakah kalian pernah hilang rasa nafsu makan ? Terkadang kita kehilangan selera makan dikarenakan stress atau hal lainnya dan hal ini bisa mengganggu sistem kerja tubuh. Madu bisa dikonsumsi untuk mengatasi masalah tersebut karena mampu merangsang produksi hormon ghrelin atau hormon peningkat nafsu makan. Berikan madu secara rutin untuk meningkatkan nafsu makan terutama pada anak-anak.

15. Meredakan Demam

Pasti pernah bukan kalian mengalami sakit demam ? Demam tinggi merupakan indikasi bahwa tubuh mengalami gangguan atau gejala penyakit tertentu. Jika tidak segera ditangani, demam dapat menyebabkan kejang dan komplikasi lainnya terutama pada anak-anak. Jadi jangan menyepelehkan suatu penyakit yang biasa-biasa saja itu akan berdampak negatif jika kita tidak cepat-cepat menangani-Nya.

Madu mengadung senyawa antiinflamasi yang dapat meredakan peradangan sekaligus meningkatkan respon kekebalan dalam tubuh. Minumlah satu atau dua sendok madu dengan air hangat untuk menurunkan demam tinggi kalian terutama pada anak-anak yang masih kecil.

Itulah beberapa Manfaat Madu Bagi Kesehatan Tubuh Manusia. Semoga informasi diatas bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini sebagai referensi buat teman-teman kalian yang belum mengetahui manfaat dari madu untuk kesehatan kita.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "15 Manfaat Madu Bagi Kesehatan Tubuh Manusia"

  1. mantab artikelnya madu memang minuman alami yang kaya manfaat sama kaya susu kambing etawa yang jarang orang tau manfaatnya

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel