-->

9-10 Mei Akan Terjadi Gerhana Matahari Dan Bisa Di Amati Dari Indonesia


ariekuskus.blogspot.com



    Pada tanggal 9-10 Mei 2013 yaitu beberapa hari lagi di prediksi akan terjadi Gerhana Matahari Cincin (GMC). Peristiwa semacam ini di sebabkan karena posisi bulan berada di antara bumi dan matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya matahari yang mengarah ke bumi,


    Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui situs resminya telah menyatakan bahwa Gerhana matahari cincin pada tanggal 9-10 mei bisa di lihat dari Samudra Pasifik, Australia, Singapura, Indonesia--kecuali Sumatera bagian Utara--dan Filipina bagian Selatan.



    Seperti dikutip dari situs BMKG, Jumat (5/3), di Australia dan Pasifik akan mengalami gerhana matahari cincin, sementara di Indonesia kecuali Sumatera bagian Utara, akan berupa gerhana matahari sebagian (GMS) pada 10 Mei 2013 yang dapat disaksikan pada pagi hari.

Waktu untuk setiap fase gerhana di setiap lokasi bisa berbeda, tergantung pada posisi lokasi pengamat di permukaan bumi dan posisi bulan dan matahari nisbi terhadap posisi pengamat.

Di Indonesia, gerhana mulai dapat terlihat di Kupang, Manado, Ternate, Ambon, Sorong, Manokwari, Merauke, dan Jayapura. Selain Kupang dan Manado, masyarakat di enam daerah lainnya beruntung bisa menyaksikan puncak gerhana hingga gerhana berakhir.

Sementara puncak gerhana juga bisa dilihat oleh masyarakat di Surabaya, Pontianak, Palangka Raya, Banjarmasin, Samarinda, Denpasar, Mataram, Kupang, Manado, Kendari, Palu, Makassar.

Sedangkan gerhana berakhir bisa dilihat dari Padang, Pekanbaru, Jambi, Bengkulu, Palembang, Bandar Lampung, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Pontianak, Palangka Raya, Banjarmasin, Samarinda, Denpasar, Mataram, Kupang, Manado, Kendari, Palu, Makassar.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "9-10 Mei Akan Terjadi Gerhana Matahari Dan Bisa Di Amati Dari Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel